Rabu, 21 Maret 2012

Dalam Poskriptum

"Suara penyair tidak mesti sekedar rekaman tentang manusia, ia bisa juga menjadi salah satu tiangnya, pilar-pilar yang membantu manusia bertahan dan menang." William Faulkner ... 1950 ....
     ... Paul Eluard ... "Liberte".
     Dalam teks yang sama, Faulkner memberi tahu rekan-rekan sesama penulisnya bahwa mereka sudah "melupakan persoalan hati manusia yang berkonflik dengan dirinya, padahal  dia bisa membuat tulisan bagus hanya karena topik ini saja yang layak untuk  ditulis, entah yang menyedihkan ataupun yang manis." Dia meminta mereka tidak meninggalkan kamar dalam bengkel kerja mereka "untuk apapun selain kebaikan dan kebenaran purba di hati, agar kebenaran-kebenaran universal purba tetap hadir di setiap kisah meski sebentar saja dan tidak punah--cinta, kehormatan, belas kasihan, kebanggaan, dan pengorbanan.
     ...
     .... Serangga-serangga--khususnya semut dan lebah--menawarkan contoh dramatis kerja sama sosial yang bisa mempermalukan kerja sama anggota-anggota Dewan Perwakilan Rakyat.
     ...
     .... Yang harus diketahui adalah: Rasa sakit dan senang bukan kembar atau bayangan cermin bagi satu sama lain seperti yang diyakini banyak orang, minimal sejauh peran mereka dalam mempertahankan hidup kita. Bagaimanapun, lebih sering ketimbang tidak, sinyal-sinyal rasa sakit lebih sanggup menjauhkan kita dari gangguan yang mengancam, entah di saat ini maupun di masa lalu yang diantisipasi menjadi masa depan. Sangat sulit untuk membayangkan kalau individu dan masyarakat yang melulu didominasi dorongan mencari rasa senang sebanyak mungkin, lebih sering ketimbang menghindari rasa sakit, dapat membuat mereka bertahan hidup
     Beberapa perkembangan sosial terkini dalam budaya yang semakin hedonistik ini memang menawarkan dukungan bagi opini tersebut, .... Oleh karena sepertinya kok kita lebih banyak memiliki jenis emosi negatif ketimbang positif, dan tampaknya otak menangani keduanya lewat sistem yang berbeda. Mungkin Tolstoy juga mempunyai pikiran yang sama saat menulis di bagian awal Anna Karenina-nya: "Semua keluarga yang bahagia menyukai dengan cara yang sama satu sama lain, setiap keluarga yang tidak bahagia menjadi tidak bahagia dengan caranya sendiri."

ibid, hal. 372-373; 383; 392

0 komentar:

Posting Komentar