Sabtu, 27 Maret 2010

tibia fibula

Struktur tulang pada kaki bagian bawah tersusun atas tibia dan fibula.
Tibia berperan pada fungsi dari kaki bagian bawah, sementara fibula merupakan tulang yang bebas fungsi, yang bisa tereseksi secara proksimal tanpa mengganggu fungsi ekstremitas bawah. (waduh2 kedokteran banget ki...)



Fibula adalah tongkat-seperti tulang yang dapat ditemukan ke arah luar kaki bagian bawah. Berartikulasi dengan Tibia pada kedua ujungnya dan bertindak sebagai stabilizer untuk sendi pergelangan kaki


Tibia adalah yang terbesar dari bagian bawah tulang kaki dan juga dikenal sebagai 'shin-tulang'. Ini artikulasi dengan landaian, Fibula, dan Tulang paha.

Fraktur tibia adalah yang paling banyak terjadi diantara semua
fraktur tulang panjang lainnya, disebabkan oleh trauma energi rendah atau tinggi. Periost yang melapisi tibia agak tipis, terutama pada daerah depan yang hanya dilapisi kulit, sehingga tulang ini mudah patah dan biasanya fragmen frakturnya bergeser. Karena berada langsung di bawah kulit maka sering ditemukan juga fraktur terbuka. Fraktur tibia biasanya terjadi pada batas antara 1/3 bagian tengah dan 1/3 bagian distal, sedangkan fraktur fibula pada batas 1/3 bagian tengah dan 1/3 bagian proksimal, sehingga fraktur tidak terjadi pada ketinggian yang sama.


- foto tulang patah
- wikipedia
- infomrm.wordpress.com
- www.free-online-health.com

0 komentar:

Posting Komentar