Selasa, 01 Juli 2014

Being John Malkovich (1999)

Judul          : Being John Malkovich
Tahun         : 1999
Director     : Spike Jonze
Writer        : Charlie Kaufman
Cast           : John Cusak, Cameron Diaz, Catherine Keener

Sialan! Kenapa juga musti susah-susah tulis semua spesifikasi yang di atas itu. Kasih saja link ke IMDb, selesai. Sialan, karena banyak banget kata sialan muncul di film ini. Yah, apa lagi yang bisa diharapkan dari film Holywood. Eh? Bukan bermaksud mengeneralisasi.
     Sutradara yang sama dengan yang bikin Her (2013). Sungguh suatu film yang progresif. Bukan, bukan progresif sebenarnya. Saya takut kata itu kelewat baik untuk menggambarkan Her. Kata 'berpandangan ke depan' mungkin cukup. Oh, itu frase. Dan penulisnya, orang yang sama dengan yang berimajinasi dengan dua Nicholas Cage dalam Adaptation (2002). Eh, bukannya sutradara film itu juga bang Spike?
     Siapa yang tak mau jadi orang lain. Menukar hidup yang sekarang dengan hidup yang baru. Siapa!?
     Meski hidup orang lain cuma memegang gagang telpon dan memesan keset kamar mandi. Ayolah, jangan remehkan hidup sendiri. Apa kamu mau menukar hidup dengan orang-orang yang harus berjalan berkilometer untuk mereguk air bersih. Lho, melantur lagi. Yah, toh, siapa saja tahu ungkapan 'rumput tetangga lebih hijau'. Barangkali tidak untuk orang yang tinggal di rusunawa.
     Kita langsung ke intinya. Apa intinya? Lebih baik kalian, masing-masing dari diri kalian tangkap sendiri point-nya. Tapi, ending-nya, sungguh mengingatkan ke satu buku tentang telaah sastra dari sisi psikologi. Mungkin kalau tidak ada yang keberatan judul alias film ini bisa saja: Derita Menjadi Oedektra.
     Maaf ini bukan resensi terbaik yang bisa disediakan untuk film ini. Bahkan ini bukan resensi sama sekali. Ini lebih ke curahan hati. Mohon jangan dimasukkan ke hati.

Subtitle Indonesia: subscene
Film: IDFL

0 komentar:

Posting Komentar